Galerizen1

Resmi Dibuka, Galeri Zen1 Gelar Group Paintings Exhibition The Divine Step

Telah resmi dibuka sebuah galeri seni rupa kontemporer di bilangan Tuban, Badung, Bali. Galeri yang dibuka pada 7 Maret 2020 ini bernama Galeri Zen1. Tidak hanya diresmikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Wayan Kun Adnyana, tetapi hari bahagia itu juga dimeriahkan oleh sebuah pameran bergrup yang bertajuk “The Divine Step”.

Pameran perdana yang digelar Galeri Zen1 melibatkan 19 perupa Bali yang namanya telah santer di telinga para penikmat seni rupa. Masing-masing 19 perupa itu antara lain, Atmi Kristiadewi, Bambang Adi Pramono, Dodit Artawan, Gede Jaya Putra, Hanh (Heart Lab), Ida Bagus Indra, Ida bagus Putu Purwa, Ketut Sugiantika Lekung, Kun Adnyana, Maureno Kustarjo, Michael Palilingan, Nyoman Sujana Kenyem, Putu Bonuz, Sutjipto Adi, Teja Astawa, Uuk Paramitha, V Dedy Reru, Wai Santy, dan Wayan Kastina.

Sebanyak 33 karya dari 19 seniman dipamerkan di gedung mungil tiga lantai itu.  Tidak hanya memamerkan seni rupa dua dimensi, namun beberapa juga ada yang memamerkan seni rupa tiga dimensi dan mural. Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Wayan Kun Adnyana, juga tidak ketinggalan memamerkan karya dua dimensinya berjudul “New Passion” yang dibuat pada 2017 silam.

Pameran yang dimulai sejak pukul 18.40 Wita dan disambut gerimis ini, dihadiri oleh sekitar 100-an pengunjung yang terdiri dari seniman dan kolektor. Di antara para pengunjung, ada Eddy Soetriyono yang didaulat menjadi Kurator dan menghadirkan tulisan yang berjudul “Mempertaruhkan Kreativitas: Yang Tidak Kreatif Tidak Usah Ambil Bagian”, sedangkan Arif B Prasetyo menimpali dengan tulisannya yang memaparkan etos kerja Nicolaus F Kuswanto, sebagai Pemilik Galeri Zen1.

Karya-karya para seniman serta tulisan para kritikus dan kurator terangkum dalam sebuah katalog yang yang berjudul “Galeri Zen1 Group Paintings Exhibition The Divine Step” yang bisa diunduh melalui website ini. (Z)

0 Comments